E-commerce adalah suatu kegiatan komersial yang menggunakan sarana internet dan bisa di akses dimana saja sehingga memudahkan seseorang untuk mencari suatu barang yang dibutuhkan, e-commerce ini melibatkan beberapa perusahaan yang dapat diaplikasikan hampirdi berbagai kegiatan bisnis
Keuntungan e-commerce yaitu sebuah perusahaan dapat menjangkau pelanggan diseluruh dunia dan memberikan informasi kepada semua orang pengguna internet tentang apa yang di tawarkan oleh sebuah perusahaan sama saja melakukan penambahan keuntungan.
Keuntungan bagi konsumen e-commerce dapat di akses ketika kita sedang tidak melakukan aktivitas yang padat, dapat di akses dimana saja asalkan komputer kita bisa terhubung dengan internet ,tidak perlu pergi ketoko dan mengantri membeli barang yang kita inginkan ,hanya dengan memilih dan meminta barang untuk dikirim langsung ke rumah melalui pos.
Secara ringkan keuntungan E-commerce
Bagi konsumen : praktis,belanja lebih murah dan cukup pada satu tempat
Bagi pengelola bisnis : efesien,tanpa kesalahan,tepat waktu.
Bagi manajemen : peningkatan pendapatan, loyalitas pelanggan.
Dari beberapa contoh keuntungan diatas e-commercepun mempunyai beberapa kendala, beberapa kendala e-commerce:
Kendala yaitu di pemerintah, pemerintah seharusnya mengizinkan e-commerce tumbuh dalam suatu lingukungan yang dipengaruhi oleh pasar,bukan dibebani oleh peraturan yang banyak,pajak atau penyetoran. Jika pemerintah terlalu mencampuri maka kemajuan secara substansi dapat terganggu.
Jika kemungkinan aturan-aturan untuk internet dan e-commerce sebaiknya merupakan hasil kelompok bukan dari peraturan pemerintah.internet sebaiknya berfungsi sebagai pangsa pasar global yang tiada batas dengan tidak adanya halangan yang dibuat oleh pemerintah
Apa yang membuat situs e-commerce berhasil ? pada jaman serba cepat ini konsumen membutuhkan suatu tempat atau sarana yang memberikan fasilitas yang sangant mudah, cepat dan efesien.
e-commerce memberikan suatu informasi tentang sebuah perusahaan yang memiliki produk atau jasa yang didistibuasikan bagi para pembisnis dan para konsumen, dan dengan memanfaatkan teknologi informasi dengan e-commerce akan mendatangkan peluang luas terutama munculnya proses bisinis baru dan jasa produk baru dengan diperolehnya bagi perusahaan/organisasi yang menggunakan e-commerce.
Contoh E-commerce :
www.duniavirtual.com merupakan contoh dari e-commerce Costumer to costumer (C2C) kelompok ini disebut juga transaksi antar kostumer, web tersebut menyediakan suatu sarana atau tempat dimana seseorang bisa membagikan informasi apa yang akan dia jual kepada calon pembeli, dengan mencantumkan keterangan barang dan foto dari barang tersebut sicalon pembelipun bisa mengetahui lebih jelas atas barang tersebut.
Bagaimana kah cara mendapatkan barang di duniavirtual.com ?
Caranya sangat mudah hanya dengan mengklik gambar yang akan dijual lalu Anda akan masuk ke halaman barang yang akan dijual, biasanya dalam keterangan barang tersebut dicantumkan nomer telepon dan e-mail bagi orang yang berminat dengan barangnya tersebut, setelah kontak dilakuka maka barang dikirim memalui pos atau jasa pengiriman barang tergantung kesepakatan kedua belah pihak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar